Warung Bebas

Wednesday, January 2, 2013

Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

Buah Anggur, buah ini memang tidak seperti buah kebanyakan lainnya. Tanaman anggurnya merupakan tanaman yang hidup di dataran rendah tidak seperti tanaman lainnya. Namun walaupun begitu, buah ini mengandung manfaat yang tinggi bagi kesehatan dan kecantikan bagi tubuh Anda. Selain itu, tanaman anggur juga membutuhkan insensitas cahaya yang cukup untuk dapat hidup dengan baik.

Dengan rasa yang manis dan kadang terasa asam dan buahnya yang menggerombol, buah ini memiliki banyak jenis, ada anggur ungu, anggur hijau, dan anggur merah. Di Indonesia sendiri, buah ini sering dikonsumsi dalam bentuk jus karena rasanya yang enak.

Tidak disangka, manfaat buah anggur bagi kesehatan ternyata sangatlah hebat. Salah satu dari manfaat dari buah anggur ini adalah mampu mencegah terbentuknya sel kanker karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh. Selain untuk mencegah terbantuknya sel kanker, kandungan vitamin yang ada di dalam buah anggur juga mampu mencegah terserang berbagai penyakit lainnya. Selain itu, buah anggur tidak hanya sumber dari vitamin A, C, B6 dan folate yang baik. Tetapi juga sumber mineral penting lainnya seperti potassium, calcium, iron, phosphorus, magnesium dan selenium.


Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan
Ternyata manfaat buah anggur ini sangatlah banyak. Selain untuk mencegah kanker layaknya buah mangga, buah ini juga memiliki kandungan bagus untuk kecantikan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan buah anggur ungu berguna untuk mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.

Selain itu anggur memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung berbagai jenis senyawa metabolit sekunder, terutama golongan flavonoid dan antosianin, serta resveratol. Penelitian lain mengungkapkan bahwa senyawa aktif di dalam anggur mampu meningkatkan kerja sel endotelial yang berperan dalam memperlancar aliran darah dalam arteri terkait dengan aktivitasnya terhadap sel-sel otot halus. Melalui mekanisme ini, risiko terkena serangan jantung dapat berkurang. Selain itu, anggur juga mengandung banyak senyawa antioksidan yang daya kerjanya lebih kuat daripada vitamin C dan vitamin E. Di dalam tubuh, senyawa flavonoid anggur dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus menurunkan trigliserida yang beredar di dalam darah.

Dan manfaat yang paling utama buah anggur bagi wanita adalah sangat cocok untuk ibu hamil. Buah ini sangat cocok bagi ibu hamil untuk dikonsumsi karena mengandung nutrisi yang sangat baik bagi perkembangan bayi di dalam perut ibu. Selain itu, vitamin-vitamin yang terdapat pada buah anggur juga sangat baik bagi si ibu. Selain itu juga, juga ekstrak dari biji buah anggur ini dapat merangsang pembentukan kolagen yang dapat menggantikan kulit tua atau kulit yang sudah rusak.

Nah ternyata Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan sangat hebat bukan? Jadi konsumsilah buah anggur ini setiap hari agar kesehatan Anda terus terjaga. Kesehatan itu sangat penting. Semoga bermanfaat.

0 comments em “Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan”

Post a Comment