Warung Bebas

Monday, December 31, 2012

Cecillia Putty Vickend, Meninggal Akibat Kanker Lidah

Cecilia
Mungkin akhir-akhir ini nama Cecillia Putty Vickend belum melejit sama sekali. Namanya langsung booming ketika soal meninggalnya akibat kanker lidah. Cecillia Putty Vickend lahir di Jakarta, 29 Mei 1986 yang akrab disapa Cecil tersebut meninggal akibat menderita penyakit kanker lidah yang diidapnya selama tiga tahun terakhir. Cecil meninggal di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta Selatan, Rabu (26/12).

Cecillia Vickend (29 Mei 1986 - 26 Desember 2012) merupakan seorang aktris berkebangsaan Indonesia. Dia pernah bermain di beberapa sinetron dan FTV utamanya.

Cecil yang akrab disapa, masih meninggalkan luka mendalam bagi keluarga terdekatnya. Pasalnya, penyakit yang kecil ini namun sangat berbahaya. Ia dikenal baik dalam beberapa kegiatan sosial. Bahkan 2 bulan sebelum meninggal, ia masih sempat menuangkan pengalamannya berjuang melawan penyakit kanker lidah ini disini.

Cecil selama 2 tahun menderita sariawan, setelah cek berkali-kali ke dokter belum ada yang menyatakan bahwa itu kanker lidah, banyak yang mengira itu hanya sariawan biasa. Namun setelah terlalu lama, ada dokter yang menyatakan bahwa itu kanker lidah. Namun beberapa penawaran dan obat pun belum membuahkan hasil. Mulai dari chemo, herbal dan berbagai pengobatan alternatif.

Kanker Lidah
Kanker Lidah
Kanker lidah adalah kanker yang menyerang pada area mulut dan tenggorokan. Tak semua paham mengenai penyakit ini dan gejalanya, itulah yang dialami aktris 26 tahun itu.

Gejala paling umum dari penyakit ganas ini adalah sariawan di lidah yang tak kunjung sembuh. Setelah cukup lama, akan timbul benjolan di luka disertai rasa nyeri ketika mengunyah dan berbicara.

Berikut ini adalah gejala kanker lidah lainnya yang harus diwaspadai:
1. Munculnya bercak berwarna merah atau putih pada lidah yang tak juga sembuh dalam waktu lama.
2. Radang tenggorokan yang tak kunjung sembuh
3. Radang atau timbulnya sariawan di lidah secara terus menerus
4. Rasa nyeri saat mengunyah makanan
5. Mulu terus menerus mengalami mati rasa
6. Lidah mengalami pendarahan tanpa sebab
7. Rasa nyeri di telinga

Pengobatan dan Perawatan
Perawatan terbaik untuk kanker lidah yang kecil adalah dengan operasi. Sedangkan untuk tumor besar yang sudah menyebar ke lymph nodes di leher, Anda harus melakukan kombinasi operasi dan radioterapi.

Banyak upaya yang dilakukan Cecilia untuk mengatasi kanker lidahnya. Namun, Tuhan berkehendak lain. Ia meninggal pada Rabu, 26 Desember 2012 lalu. Satu pesan Cecil yang melekat dalam ingatan di blog.rumahkanker.com, adalah ajakan dan semangat yang diberikannya kepada para pengidap kanker untuk terus berjuang.

“Semoga share saya ini bisa menjadi pengalaman untuk yang sesama ca (kanker) lidah dan semoga kita semua bisa terus berjuang melawan penyakit ini,” demikian tulis Cecil.

0 comments em “Cecillia Putty Vickend, Meninggal Akibat Kanker Lidah”

Post a Comment